Jangan Lupa Membeli Lumpia Semarang Ketika Berkunjung Ke Kota Semarang

Sabtu, 23 Mei 2020


Pulau Jawa memiliki 6 Ibu kota yang tersebar, dan salah satunya adalah Kota Semarang yang menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang mungkin kelihatan tidak sebesar ibu kota lainnya, namun memiliki banyak peninggalan-peninggalan serta makan khas yang menjadi ikonik bagi para wisatawan. Salah satunya lumpia Semarang yang tetap dicari oleh para wisatawan saat berkunjung ke kota ini.

Jangan Lupa Membeli Lumpia Semarang Ketika Berkunjung Ke Kota Semarang

Daftar Oleh-Oleh Khas Kota Semarang

Rasanya ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas dari kota atau daerah tersebut bukan? Sama seperti ketika berkunjung ke kota Semarang, tidak lengkap jika belum membeli ikonik dari kota Semarang. Berikut ini beberapa oleh-oleh kota Semarang yang bisa kamu bawa pulang.

1. Wingko Babat
Oleh-oleh pertama adalah sebuah makanan yang terbuat dari bahan kelapa muda pilihan dan gula yang menjadi inti dari adonan. Nama dari jajanan khas Semarang ini diambil dari nama kota di sebuah kecamatan yaitu Babat yang ternyata menjadi kota lahir wingko babat.

2. Tahu Bakso
Kedua, ada tahu bakso yang juga jadi jajanan khas kota Semarang. Jajanan ini cukup populer dengan rasa gurihnya. Bakso yang lembut dicampur dengan tahu yang gurih menambah cita rasa dari tahu bakso. Lucunya meski makanan ini terlihat kecil akan tetapi bisa menjadi makanan samping ketika sedang lapar. Tahu bakso juga sering dimakan bersama cabe rawit untuk menambah rasa pedas.

Tahu bakso memiliki dua jenis yang bisa disantap dengan cara digoreng dan dikukus/direbus. Tahu bakso populer karena seorang warga Unggaran bernama Ibu Pudji.

3. Lumpia Semarang
Ketiga, ada makanan yang dianggap paling populer sebagai oleh-oleh ikonik kota Semarang yaitu Lumpia Semarang. Para wisatawan akan melihat di seluruh penjuru kota para penjual makanan khas ini. Jika ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh maka para penjual menyediakan kemasan yang dapat menjamin kualitas makanan ini dengan baik.

Makanan ini dikenal dengan wangi dari rebung yang dicampur dengan ayam berasa manis serta gurih. Kulit luar yang garing juga jika didengar dapat menambah selera setiap orang yang melihatnya.

4. Bandeng Juwana
Terakhir ada bandeng juwana yang terbuat dari ikan bandeng. Untuk mendapatkan lembut ikan ini dilakukan pengukusan dengan waktu yang lama. Sehingga ikan bandeng juwana bisa dikonsumsi bersamaan dengan tulang dari ikan ini.

Kamu bisa mencari bandeng juwana di banyak tempat dan salah satunya yaitu Erlina yang terletak di Jalan Pamularsih 70, Semarang. Bandeng juwana juga memiliki variasi ukuran serta jenis yang berbeda-beda.

Jadi tunggu apalagi? Jangan sampai lupa membeli oleh-oleh ikonik kota Semarang yang unik dan lezat seperti lumpia Semarang diatas ya. Pasti kamu akan rindu kembali ke kota Semarang.
 
Copyright © 2014. lieselmatthews.net. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License